Lengkap! Seputar Kode Emas 18kgp Beserta Ciri-cirinya

Umumnya untuk jenis perhiasan 18kgp ini mengandung kadar emas hanya sekitar kurang lebih 0,05% dari kadar emas murni.
Olahdoku - Kode emas 18kgp merupakan salah satu jenis perhiasan yang memiliki sedikit sekali kadar emas. Umumnya untuk jenis perhiasan 18kgp ini mengandung kadar emas hanya sekitar kurang lebih 0,05% dari kadar emas murni.

Biasanya emas banyak dipakai sebagai investasi jangka panjang, tapi tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus mengetahui kode emas untuk mencegah kerugian finansial yang besar, salah satunya mengetahui kode dari emas 18kgp ini.


Apa itu Emas Berkode 18kgp?

Emas-emas yang dijual di pasaran umumnya akan memiliki kode yang berbentuk cap. Cap ini biasanya berada pada fisik perhiasannya dan kode berbentuk cap akan berisi informasi mengenai kemurnian atas kandungan logam mulia tersebut.

Biasanya para produsen logam mulia akan mencantumkan terkait kadar karat pada emas. Hal ini bertujuan sebagai patokan untuk mengetahui level kemurnian logam emas, salah satunya pada emas 18 kgp. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar kode emas 18kgp, yaitu:

1. Sebagai Emas Pelapis

Emas kode 18kgp adalah sebuah jenis emas murni yang fungsinya sebagai pelapis perhiasan. Emas pelapis ini digunakan mulai dari perhiasan kalung, cincin, anting, gelang, hingga jam tangan sekalipun dapat menggunakan jenis pelapis emas 18kgp.

2. Kgp Sebagai Label Pembeda

Label Kgp yang ada pada emas 18kgp merujuk pada singkatan atas istilah dalam bahasa Inggris, yaitu Karat Gold Plated. Istilah tersebut memiliki arti yaitu emas dengan kode cap ini mempunyai lapisan logam mulia.

Hal ini menunjukkan bahwa kode emas 18kgp adalah label pembeda antara perhiasan yang bahan utamanya dari emas murni dengan perhiasan yang menggunakan emas sebagai pelapisnya saja.


3. 18 Karat Sebagai Tanda Ukuran Emas Pelapisnya

Untuk angka ‘18’ yang ada pada kode emas 18kgp ini artinya jika emas yang dipakai untuk lapisan adalah emas 18 karat. Pada dasarnya, proses pelapisan emas 18 kgp ini sangat sederhana.

Para produsen hanya akan memasukkan perhiasan yang akan dilapisi ke dalam larutan ion+. Lalu, perhiasan tersebut dialiri dengan listrik yang merupakan ion-. Maka, larutan emas akan tertarik oleh arus listrik dan melapisi seluruh lapisan permukaan perhiasan tersebut.

4. Proses Pelapisan Sesuai Karat

Untuk proses pelapisan perhiasan berkode emas 18kgp ini biasanya dilakukan sebanyak 3 kali. Tetapi hal tersebut bergantung pada kadar karat yang dibutuhkan. 

Intinya adalah, perhiasan dengan cap 18kgp merupakan jenis perhiasan yang kadar emasnya sangat sedikit, yaitu kurang lebih 0,05% dari kadar emas murni.

5. Alasan Memiliki Harga Murah

Perhiasan emas 18kgp akan memiliki banderol harga yang cukup murah di pasaran. Hal ini wajar, mengingat kandungan emas yang ada pada kode emas 18kgp sangat sedikit sekali.

Meski demikian, perhiasan berkode 18kgp tidak bisa dikatakan perhiasan emas palsu. Karena faktanya, lapisan emas yang menjadi bahan pelapisnya ini terbuat dari emas murni.

Hanya saja, ‘badannya’ bukanlah emas murni. Hal inilah yang menjadikan kode 18kgp memiliki banderol harga relatif sangat murah.


Ciri-ciri Emas Berkode 18KGP

Kode Emas 18kgp Beserta Ciri-cirinya

Untuk produk barunya, umumnya perhiasan emas 18kgp sama dengan perhiasan emas murni. Sehingga mungkin Anda akan kesulitan untuk membedakan keduanya saat sama-sama masih baru.

Tapi jangan khawatir, berikut terdapat ciri-ciri emas 18kgp yang mudah dikenali dan bisa mempermudah Anda dalam membedakannya dengan emas murni. Berikut ciri-cirinya:

1. Harga Relatif Murah

Ciri utama kode emas 18kgp yang paling mencolok adalah memiliki harga sangat murah. Hal ini cukup mudah untuk dibandingkan dengan perhiasan emas murni yang memiliki harga jauh lebih mahal.

Meski menawarkan harga murah, namun kode 18kgp tidak bisa disebut sebagai emas palsu. Bahkan Anda masih bisa menjual emas 18kgp beserta suratnya ke toko emas.

2. Tidak Gampang Tergores

Perhiasan dengan cap kode emas 18kgp dinilai tidak akan mudah tergores. Sebab pada kenyataannya perhiasan kode ini menggunakan bahan murni 18 karat. Hanya saja, emas 18K ini hanya digunakan sebagai lapisan permukaannya saja.


3. Berbekas ketika Digigit

Ciri kode emas 18kgp selanjutnya adalah menimbulkan bekas gigitan yang jelas setelah digigit. Tapi sebelum mengetes dengan menggigitnya sebelum membeli, maka Anda harus meminta persetujuan penjual atau produsennya.

Sebab, tidak semua penjual akan mengizinkan pembeli untuk mengetes dengan cara menggigitnya. Karena ketika digigit dan menimbulkan bekas, maka bekas tersebut akan susah hilang.

4. Memiliki Surat/Sertifikat

Penjual atau produsen kode emas 18kgp biasanya akan melengkapi produk perhiasannya dengan sertifikat khusus. Pada sertifikat tersebut akan berisi seputar informasi yang ditulis jelas mengenai kandungan atau persentase kadar emas didalamnya.

Jadi tidak hanya perhiasan emas asli saja yang akan memiliki surat atau sertifikat, namun emas 18kgp juga memilikinya. Dengan begitu, Anda akan mengetahui berapa kadar emasnya dan bisa membedakannya dengan emas murni.

Bahkan Anda juga bisa menjual kembali emas 18kgp ke toko perhiasan jika sudah bosan atau terdapat masalah emas lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa emas 18kgp tidak palsu.

5. Memiliki Cap Khusus

Ciri terakhir dari perhiasan emas 18kgp yaitu memiliki cap yang akan tertempel pada fisik perhiasan ini. Cap khusus ini sengaja ditempelkan oleh produsen perhiasan dengan ukiran tanda 18Kgp.

Tanda ini sebagai label penanda bagi perhiasan tersebut jika merupakan perhiasan yang dilapisi emas 18K. Meski tidak sepenuhnya emas murni, Anda bisa merawat kode emas 18kgp dengan benar agar warnanya tidak pudar.

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain