Apakah Emas 18kgp Bisa Dijual Kembali di Pegadaian

Mari kita selidiki apakah emas 18kgp bisa dijual kembali karena biasanya ibu-ibu di Indonesia sering membeli jenis tersebut untuk kebutuhan perhiasan.
Emas 18 karat apakah bagus?

Banyak orang terutama ibu-ibu di Indonesia sering bertanya apakah emas 18kgp bisa dijual kembali. Jawabannya relatif bisa ya atau tidak tergantung pada berbagai macam faktor pendukungnya.

Banyak orang Indonesia menggunakan jenis logam mulia tersebut dalam bentuk perhiasan. Mulai dari aksesoris semata atau menggunakannya dalam ritual pernikahan atau lebih dikenal dengan mas kawin.

Dari segi tampilan sendiri memang benar itu emas dan secara terminologi juga demikian. Namun ketika kita sudah membicarakan masalah karat gold plate (kgp) maka ceritanya bisa jauh berbeda.

Oleh sebab itu simak penjelasan Kami sampai selesai agar Anda tidak salah paham lagi terkait jenis tersebut. Karena banyak orang sering salah persepsi sehingga menjadikannya bentuk investasi jangka panjang.


Apakah Emas 18kgp Bisa Dijual Kembali?

Pertama kita bedah dulu pertanyaan paling sering yaitu kode 18kgp apakah emas asli? Tentu saja itu asli karena kgp hanya menunjukkan kadar kemurniannya saja, dari segi komposisi itu masih masuk dalam kategori gold.

18kgp artinya logam mulia memiliki kemurnian sekitar tujuh puluh lima persen dari total. Dua puluh lima persen sisanya bisa menggunakan logam campuran untuk memperkokoh konstruksi logamnya.

Ingat bahwa emas adalah salah satu logam mulia yang cukup brittle sehingga tanpa campuran dalam komposisinya mampu merubah bentuk cukup mudah. Terutama saat nantinya akan digunakan dalam bentuk perhiasan.

Kembali lagi pada kasus apakah emas 18kgp bisa dijual kembali, tentu saja bisa. Namun toko yang menerima penjualan logam dengan kode tersebut cukup terbatas biasanya tempat di mana kita membelinya.

Kemudian toko yang melayani jasa penyepuhan juga dapat menerima emasnya selama masih memiliki surat. Itu untuk menunjukkan bagaimana keasliannya dan juga barang bukan hasil curian.

Jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir apakah emas 18kgp bisa dijual kembali. Jika memang sudah bosan menggunakannya sebagai perhiasan Anda bisa menjualnya kembali di toko tempat membeli.

Atau bisa juga menjualnya di tempat yang menyediakan penyepuhan logam mulia. Karena berapapun jumlah karatnya ketika disepuh kembali dapat dipisahkan antara elemen murninya dengan campuran.

Namun Anda perlu mengingat kembali bahwa logam mulia seperti ini tidak bisa digunakan sebagai instrumen investasi. Nantinya jelas akan ada penurunan harga relatif signifikan sehingga nilai investasinya menurun.


Apakah Emas 18kgp Bisa Dijual Kembali untuk Investasi

Biasanya orang masih penasaran terkait kualitas, emas 18 karat apakah bagus? Tentu dari segi estetika jelas bagus karena tergantung bagaimana metode penyepuhannya dalam memberikan desain.

Itu juga sering membuat orang salah sangka menjadikannya salah satu bahan investasi jangka panjang. Dengan harapan setelah beberapa tahun harganya akan ikut naik mengikuti harga global.

Padahal statement tersebut jelas salah, karena jenis logam mulia ini harganya tidak seperti ketika kemurniannya sempurna (24 karat). Harga dari jenis 18kgp tidak mengikuti aturan kenaikan pasar global seperti banyak orang mengira.

Ketika dijual kembali tentu ada penurunan nilai cukup signifikan sehingga fungsi utamanya adalah untuk estetika. Namun tetap ada pengecualian misalnya kenaikan harga global sampai dua kali lipat.

Itu jelas akan ikut menyeret jenis 18kgp untuk naik meskipun tidak setinggi 24kgp. Jadi jika ingin berinvestasi lebih baik menggunakan 24kgp karena jelas setiap tahun harganya akan mengalami kenaikan.

Anda tidak perlu bingung lagi apakah emas 18kgp bisa dijual kembali untuk kebutuhan investasi. Karena jawabannya jelas kurang tepat, lebih baik jenis tersebut dijadikan sebagai cinderamata atau diambil nilai estetikanya saja.

Apabila ingin memaksakan berinvestasi menggunakan jenis tersebut kita butuh waktu terlalu lama sampai harga jualnya menyamai harga beli. Artinya jika niat berinvestasi jangka panjang gunakan jenis batangan 24 karat.


Kenapa Sulit Menjual 18kgp di Toko Emas Secara Umum

Tentu sudah menjadi pengetahuan umum bahwa menjual emas tidak murni itu cukup sulit dilakukan. Biasanya Anda hanya dapat menjualnya di tempat membeli itu saja harus lengkap dengan surat keterangan pembeliannya.

Ada juga beberapa toko yang menerima selama surat keterangan pembeliannya masih ada. Ada beberapa alasan mengapa kebanyakan toko enggan menerima varian tersebut saat ada orang menjualnya kembali.

1. Penurunan Harga Terlalu Jauh 

Salah satu faktor kenapa sulit dijual adalah penurunan harganya sudah terlalu jauh dari awalnya. Ini jelas tidak efektif bahkan ketika harus disepuh kembali masih belum cost efektif dimata toko.

2. Penurunan Kualitas Signifikan 

Kemudian apakah emas 18kgp bisa dijual kembali apabila terjadi penurunan kualitas tentu saja tidak. Oleh sebab itu Anda harus menjaga agar kualitasnya tetap pristine jika berniat menjualnya kembali.

3. Surat Tidak Lengkap 

Banyak pemilik kehilangan surat keterangan pembelian yang menyebabkan logam tersebut tidak dapat dijual kembali. Sebenarnya alasannya sederhana karena toko takut jika item tersebut merupakan hasil curian.

Setelah memahami berbagai informasi tadi tentu Anda jadi lebih bijak dalam pembelian perhiasan. Memahami apakah emas 18kgp bisa dijual kembali jadi modal penting untuk membedakan mana barang koleksi dan investasi.

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain