Harga Emas 18KGP Per Gram 2024 dan Info Penting Yang Wajib Kamu Tahu

Mau tampil cantik dengan dana terbatas? Jangan panik, karena perhiasan harga emas 18KGP per gram 2024 bisa jadi alternatif pilihanmu.
Logam mulia emas masih menjadi favorit para wanita sebagai perhiasan yang estetik untuk dikenakan. Namun tahukah kamu tentang perhiasan emas 18kgp dan harga emas 18KGP per gram 2024? Yuk, kita pahami mengenai emas 18KGP ini lebih lanjut di pembahasan berikut

Apa Itu Emas 18KGP?

Harga Emas 18KGP Per Gram 2024

Selain menjadi favorit perhiasan, emas juga merupakan salah satu alat investasi favorit untuk menghindari berbagai risiko keuangan. Namun, tidak semua emas bisa kamu jadikan investasi misalnya emas 18kgp. Pasalnya, emas jenis ini kandungan emas murninya dalam jumlah sedikit. 

Jadi, emas 18KGP artinya emas murni yang digunakan sebagai pelapis atau sepuhan pada perhiasan maupun produk lain misalnya jam tangan. Jika kamu bertanya apakah kode emas 18kgp asli atau palsu, tentu saja jawabannya emas asli. Hanya saja kadar emasnya sedikit karena fungsinya hanya untuk melapisi saja.

Jika kamu menemukan perhiasan dengan kode emas 18kgp artinya perhiasan tersebut bahan dasarnya bukan dari emas. Namun, perhiasan tersebut dilapisi dengan emas murni 18kgp (karat gold plated). Tidak heran jika perhiasan semacam ini harganya lebih murah dibandingkan dengan perhiasan emas lainnya karena kandungan emasnya memang sedikit.


Ciri-ciri Emas 18KGP

Perhiasan emas 18kgp tetap bisa membuat kamu tampil cantik karena tampilannya persis seperti perhiasan emas pada umumnya. Bedanya, bahan dasarnya dari logam lain yang disepuh dengan emas murni 18 karat. Agar kamu tidak bingung mengenai harga emas 18KGP per gram 2024 ini, ada baiknya kamu mengenal beberapa ciri-cirinya berikut ini.

1. Ditawarkan Dengan Harga Murah

Ciri-ciri emas 18kgp yang paling menonjol adalah harganya jauh lebih murah dibanding perhiasan emas pada umumnya. Hal ini wajar karena perhiasan semacam ini terbuat dari logam lain yang dilapis dengan emas murni. Alhasil, banderol harganya murah walaupun secara tampilan tidak berbeda dengan perhiasan emas murni

2. Tidak Mudah Pudar dan Tidak Mudah Tergores

Kendati memiliki harga murah namun perhiasan emas 18kgp tidak mudah pudar karena lapisan luarnya dari emas murni. Perhiasan ini juga tidak mudah tergores karena kualitas emas pelapisnya memang asli emas murni. Bedanya dengan perhiasan emas pada umumnya adalah 18kgp hanya dilapis emas sementara bahan dasarnya bukan emas murni.

3. Memiliki Surat atau Sertifikat

Perhiasan 18kgp apakah emas asli? Perhiasan 18kgp juga dilengkapi dengan surat seperti perhiasan emas pada umumnya. Di dalamnya akan dijelaskan kandungan kadar emas yang dimiliki oleh perhiasan tersebut. Tujuannya agar pembeli tahu perhiasan tersebut hanya sepuhan.

4. Memiliki Cap atau Kode Khusus

Ketika mempertimbangkan harga emas 18KGP per gram 2024 kamu perlu memperhatikan label atau cap yang tertera di badan perhiasan tersebut. Cap tersebut akan memudahkan pembeli mengenali bahwa perhiasan yang mereka beli hanya perhiasan sepuhan. Jadi, perhiasan tersebut bukan berbahan dasar emas murni melainkan hanya dilapisi emas murni.


Cara Merawat dan Berapa Harga Perhiasan Emas 18KGP?

Harga emas naik turun tergantung pada perubahan harga emas dunia. Jika kamu ingin tahu harga emas gold plated per gram maka harga tergantung pada kadar pelapisnya. Umumnya, pelapis dengan kadar emas 70-75% bisa mencapai Rp 400 – 700 ribu per gramnya. 

Buat kamu yang ingin memakai kalung emas tetapi terhalang dana maka kamu bisa memilih perhiasan 18kgp yang harganya lebih murah. Kisaran harga kalung emas 18KGP per gram kurang lebih Rp 140 -200 ribu. Jauh lebih murah dibandingkan dengan perhiasan emas asli, bukan?

Namun, perhiasan ini tidak bisa kamu jadikan investasi ya karena kadar emasnya sedikit. Kamu bisa menggunakannya sebagai pelengkap untuk mempercantik tampilan kamu. Tidak akan ada yang bisa membedakan perhiasan ini dengan perhiasan dari emas asli namun tetap perlu kamu rawat dengan cara berikut:

1. Bersihkan Dengan Kain Lembut

Gunakan kain bertekstur lembut untuk membersihkan perhiasan 18kgp kamu. Pasalnya, kain yang lembut tidak akan mengikis lapisan emasnya sehingga perhiasan kamu lebih awet. Jika lapisannya terkikis maka kilaunya akan hilang dan terlihat logam asli perhiasan tersebut.

2. Rendam Dengan Air Hangat

Kode emas 18KGP apakah bisa dijual kembali? Sulit buat kamu untuk menjual kembali perhiasan tersebut walaupun kemungkinan bisa di beberapa tempat tertentu. Alternatifnya adalah rawat perhiasan kamu dengan baik agar kilapnya awet sehingga tetap bisa menunjang penampilan kamu. Rendam sebentar di air hangat untuk menghilangkan kotoran lalu keringkan dengan kain lembut.

3. Hindari Menumpuk Perhiasan

Usahakan untuk tidak menumpuk perhiasan kamu ketika menyimpannya karena bisa saling bergesekan. Pasalnya gesekan ini berpotensi mengikis lapisan emas pada perhiasan kamu tersebut. Kamu dapat menyimpannya di kotak khusus atau memasukkan masing-masing perhiasan ke kantong kain agar lebih awet.

4. Jangan Terkena Bahan Kimia

Agar perhiasan kamu awet kamu harus menjaganya agar tidak terpapar bahan kimia seperti parfum, pelembab sabun, shampoo bahkan keringat. Pasalnya, bahan kimia tersebut dapat menimbulkan oksidasi yang bisa mengakibatkan perubahan warna pada emas pelapisnya. Alternatifnya, kamu bisa melepas dulu perhiasan tersebut ketika bersentuhan dengan paparan berbagai bahan kimia tersebut.

5. Hindari Terpapar Cuaca Secara Langsung

Walaupun harga emas 18KGP per gram 2024 relatif murah tetapi memerlukan perawatan ekstra. Lepas perhiasan kamu ketika mandi karena air dapat menimbulkan kerak putih yang mengurangi kilau perhiasanmu. Lakukan hal sama ketika berenang karena klorin pada air kolam renang bisa mengikis lapisan emasnya sehingga menjadikannya kusam.


Kesimpulan

Ingin tampil cantik dan elegan tidak perlu mahal karena bisa memilih harga emas 18KGP per gram yang lebih murah. Namun, perhiasan semacam ini memerlukan perawatan tersendiri agar tetap awet. Semoga info singkat mengenai harga emas 18KGP per gram 2024 di atas bermanfaat buat kamu ya!

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain