Cara Ketahui Kode Emas 18kgp Asli Atau Palsu

Tingginya minat terhadap investasi emas ini membuat semakin banyaknya emas palsu. Maka dari itu ketahuilah kode emas 18kgp asli atau palsu.
Cara Ketahui Kode Emas 18kgp Asli Atau Palsu

OLAHDOKU - Sekarang ini emas tidak hanya disimpan sebagai harta tetapi juga diminati untuk investasi. Tingginya minat terhadap investasi emas ini membuat semakin banyaknya emas palsu. Maka dari itu ketahuilah kode emas 18kgp asli atau palsu. 

Jika kamu belum mengetahuinya jadi tiap emas itu selalu disertakan dengan kode huruf yang memberikan informasi terkait kadar kemurnian emas tersebut dalam satuan karat. Kode emas 18kgp menjadi salah satunya. 

Ternyata kode emas 18kgp ini tidak begitu diketahui banyak orang bahkan beberapa cenderung masih bingung apakah kode 18kgp emas atau bukan. Jangan sampai kamu memiliki salah pemahaman terkait kode emas ini. Mari kita gali lebih lanjut!


Mengenal Emas 18kgp Itu Apa

Ternyata banyak yang masih meremehkan kode emas 18kgp ini. Mungkin karena harganya yang lebih murah jadi terdapat anggapan bahwa kualitasnya tidak bagus. Padahal mereka belum mengenal 18kgp kode emas apa. 

Jadi kode emas 18kgp itu sebenarnya merupakan emas murni yang digunakan untuk perhiasan. Jika kamu sering melihat perhiasan dengan lapisan emas, bisa jadi lapisan emas itu merupakan kode emas 18kgp. Tidak hanya itu saja, tentunya kamu harus mengetahui lainnya!

1. Apa itu kgp pada kode emas 18kgp

Untuk menjawab 18kgp kode emas apa, pertama kamu harus mengetahui singkatan kgp dari kode tersebut terlebih dahulu. Jadi kgp pada kode emas sebenarnya merupakan singkatan dari karat gold plated.  

Karat gold plated menandakan bahwa perhiasan tidak sepenuhnya berlapiskan emas murni secara 100%. Jadi kode emas 18kgp artinya emas tersebut memiliki kandungan emas sebesar 18 karat. 

2. Kode emas 18kgp sebagai lapisan 

Seperti yang kamu tau, kode emas 18kgp digunakan sebagai lapisan perhiasan. Kamu juga harus tau bagaimana proses pelapisan tersebut agar dapat mengetahui kode emas 18kgp asli atau palsu. 

Proses pelapisannya sebenarnya berjalan secara sederhana. Caranya hanya dengan melapiskan perhiasan berbahan non emas dan mencelupkannya ke dalam larutan emas yang secara kandungannya terdapat ion positif emas. 

3. Perhiasan mewah kode emas 18kgp

Kode emas 18kgp ini ternyata merupakan bahan perhiasan mewah tiruan yang digemari kalangan perempuan pecinta perhiasan. Jadi perhiasan dengan lapisan kode emas 18kgp ini mampu meniru perhiasan terkenal produk desainer.  

Maka dari itu jika kamu tertarik membeli perhiasan desainer tiruan berlapiskan kode emas 18kgp ini, kamu harus mengetahui kode emas 18kgp asli atau palsu. Tentunya banyak yang tertarik dengan perhiasan KW ini karena bisa tampil mewah dengan harga yang lebih murah.  


Ciri-ciri kode emas 18kgp asli atau palsu 

Setelah kamu mengenal lebih dalam mengenai kode emas 18kgp, sekarang saatnya kamu mengetahui hal terpenting saat ingin membeli emas yaitu untuk membedakan kode emas 18kgp asli atau palsu.

Informasi yang kurang meluas terkait kode emas 18kgp ini membuat para pembeli emas seringkali mengalami kebingungan saat berusaha untuk membeli dan menentukan kode 18kgp emas atau bukan.

1. Ada cap khusus

Mungkin cap bisa saja dimanipulasi. Namun, biasanya pada masing-masing emas terdapat cap yang menunjukkan kode emas tersebut seperti untuk emas 18kgp berarti akan ada cap yang menunjukkan bahwa emas tersebut adalah emas 18kgp berarti emas dengan 18 karat.

2. Warna yang tidak pudar   

Emas dengan kualitas baik dan meyakinkan tentunya memiliki warna berkilap yang tahan lama dan tidak pudar ataupun luntur ketika digosok. Secara ilmiah, emas tidak memiliki reaksi kimia terhadap oksigen maupun air jadi warnanya tidak akan berubah. 

Emas 18kgp memang tidak sepenuhnya murni terbuat dari emas. Emas 18 karat tersebut diakui memang bersifat rentan terhadap warna pudar tetapi tidak mudah. Warnanya akan pudar jika memang terlalu sering digunakan.  

3. Sertifikat yang menunjukkan keaslian emas  

Ketika kamu ingin membeli barang bermerk atau emas, pastikan bahwa barang ataupun emas yang kamu beli itu memiliki sertifikat yang dapat menunjukkan keaslian. Sertifikat keaslian merupakan dokumen resmi yang dapat kamu percaya.

Kamu dapat memastikan kode 18kgp emas atau bukan jika emas tersebut memiliki sertifikat yang membuktikan keasliannya atau tidak. Dalam sertifikat keaslian, terdapat beberapa aspek yang akan dicantumkan seperti sebagai berikut : 

  1. Berat emas yang ditunjukkan dalam satuan tertentu 
  2. Nomor seri unik secara khusus untuk membedakan dengan emas lain
  3. Kemurnian emas atau besar kadar karat 
  4. Informasi lain-lain yang memberikan penjelasan selebihnya terkait emas tersebut


4. Jika digigit, permukaannya tidak ada bekas   

Apakah kamu sering melihat pemenang lomba ketika mendapat medali emas mereka akan menggigitnya terlebih dahulu. Selain untuk menunjukkan pose ternyata menggigit itu ada gunanya juga loh !

Alasan mengapa emas digigit tidak akan meninggalkan bebas itu adalah karena kemampuannya yang memiliki ketahanan kuat. Jadi ketika kamu menggigitnya tentu tidak akan ada perubahan yang terlihat. 

Tidak sulit bukan untuk mengetahui dan membedakan mana kode emas 18kgp yang asli dan palsu. Kamu hanya perlu mempelajarinya kode 18kgp emas atau bukan dengan baik dan benar sehingga kamu dapat melakukan pertimbangan yang tepat sebelum membeli emas. 

Jangan lupa untuk selalu berhati-hati ketika menentukan kode emas 18kgp asli atau palsu. Banyak sekali tiruannya di pasar. Jadi pastikan kamu dapat membandingkan yang asli dan palsu melalui ciri-cirinya ! Identifikasilah dengan teliti sehingga tidak ada yang terlewat

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain