18kgp Apakah Emas Asli? Simak Jawaban Selengkapnya

Emas 18kgp merupakan merupakan kode untuk emas murni yang dijadikan sebagai pelapis perhiasan.
18kgp Apakah Emas Asli? Simak Jawaban Selengkapnya

OLAHDOKU - Emas merupakan barang berharga yang digemari oleh kaum hawa. Keberadaan emas mampu membuat wanita merasa ingin mengoleksinya lagi dan lagi. Dewasa ini terdapat kode 18kgp pada barang berharga tersebut. Banyak yang bertanya 18kgp apakah emas asli?

Pertanyaan tersebut memang wajar saja karena harga emas 18kgp cenderung lebih murah dibandingkan emas biasa. Sontak, masyarakat pun merasa heran dan mempertanyakan kemurnian emas tersebut.


Apa itu Emas18kgp?

Beberapa orang dipasaran meremehkan kode emas 18kgp. Bahkan, tak sedikit pula yang mempertanyakan 18kgp apakah emas asli. Sebagai masyarakat yang cerdas, tentu Anda perlu mengetahuinya secara detail.

Emas 18kgp merupakan merupakan kode untuk emas murni yang dijadikan sebagai pelapis perhiasan. Apabila Anda menemukan kode tersebut pada perhiasan, artinya bahan dasar pembuatan perhiasannya berasal dari logam lain. Hanya saja dilapisi dengan emas murni.

Logam lain yang digunakan untuk membuat perhiasan tersebut bisa berupa tembaga, alumunium, atau kuningan. Segala bentuk perhiasan bisa dilapisi dengan emas 18kgp ini. Anda pun harus jeli dalam melihat kodenya.

Setelah mengetahui pengertiannya tersebut, Anda tidak akan heran lagi mengapa harga emas 18kgp per gram cenderung sangat murah. Alasan utamanya karena perhiasannya tidak 100% terbuat dari emas murni.

Pembelian emas jenis ini sangat cocok bagi kaum hawa yang ingin tampil bergengsi namun minim budget. Anda pun bisa membelinya dan memakainya ketika ada acara kondangan ataupun pesta.


Harga Emas 18kgp

Setelah mengetahui 18kgp apakah emas asli, Anda juga perlu tahu harga kalung emas 18kgp. Tujuannya agar bisa mempersiapkan bugdet yang pas ketika akan membelinya. Untuk pembeliannya, Anda bisa langsung berkunjung ke toko emas terdekat.

Banyak sekali toko emas yang menyediakannya. Bahkan, beberapa toko emas dengan sengaja memajang emas 18kgp pada etalase paling depan. Tujuannya adalah untuk menarik minat para pembeli karena harganya yang murah.

Harga kalung yang berkode emas 18kgp biasa dijual kisaran Rp 151.000 – Rp 200.000 saja. Untuk cincinnya lebih murah lagi yaitu Rp 100.000 saja. Modelnya tentu bermaca-macam, Anda bisa memilih sesuai dengan selera.

Apabila Anda ingin untung, maka cara yang bisa dilakukan adalah membeli emas 1kgp sebanyak 1 lusin sekaligus. Sebab, harganya cenderung lebih murah dibanding membeli per satuan. Nantinya, Anda bisa menjualnya lagi dengan harga lebih tinggi.


Ciri-ciri Emas 18kgp

Informasi terkait 18kgp apakah emas asli atau bukan memang sangat penting agar Anda tidak mudah tertipu. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari tipuan adalah mengetahui ciri-cirinya. Berikut beberapa ciri emas 18kgp yang wajib Anda simak:

1. Harganya Sangat Murah

Ciri yang paling pertama dilihat dari segi harganya. Dikarenakan emas ini hanya sebagai pelapis saja, maka wajar jika harganya sangat murah. Apabila dibandingkan dengan harga emas murni, tentu akan jauh sekali perbedaannya.

2. Tidak Gampang Tergores

Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, namun kualitas dari emas ini cukup tangguh. Dimana, emas kode 18kgp tidak mudah tergores benda tajam. Banyak yang mempertanyakan ciri ini karena dianggap tidak masuk akal.

Alasan mengapa tidak mudah tergores disebabkan pelapisnya memang emas murni. Meskipun kadarnya hanya 18 karat, namun itu cukup untuk menjaga ketahanan dari perhiasan yang dimiliki.

3. Memiliki Sertifikat

Tak hanya pembelian emas murni saja yang disertai sertifikat, emas jenis ini juga dilengkapi dengan sertifikat ketika pembeliannya. Sertifikat tersebut akan menjelaskan kandungan apa saja yang ada pada perhiasan.

Untuk harga emas 18kgp tanpa surat atau sertifikat ini tentu akan lebih murah. Jadi, apabila Anda menjual lagi emas 18kgp tanpa sertifikat akan menjadi hal yang sia-sia. Pasalnya, Anda akan mengalami kerugian.

4. Ada Cap Khusus

Cara yang paling mudah untuk mengetahui perhiasan jenis 18kgp atau bukan adalah melihat capnya. Pada setiap perhiasan kode 18kgp yang asli, akan diberi ukiran dengan tanda 18kgp. Anda pun bisa melihat dengan jelas ukiran tersebut sehingga siapapun bisa membedakannya.

Apabila sudah ada tanda tersebut, dijamin perhiasan yang Anda beli berjenis 18kgp. Untuk itu, Anda jangan sampai terkecoh dengan penjual yang tidak bertanggungjawab.

5. Berbekas Ketika Digigit

Berhubung bahan dasar pembuatan perhiasan ini bukan seutuhnya emas murni, maka ada kelemahannya. Salah satu kelemahan yang isa dilihat secara fisik adalah perhiasan akan berbekas ketika digigit.

Namun, Anda tidak bisa serta merta mengeceknya secara langsung. Sebab, tidak semua toko emas bersedia jika perhiasan yang dijual digigit oleh calon pembelinya. Anda pun perlu membangun komunikasi yang baik dengan penjual tersebut.

6. Tidak Mudah Pudar

Ciri terakhir yang bisa Anda lihat adalah dari segi warnanya. Dimana, emas jenis ini warnanya tidak akan mudah pudar. Sebab, pelapisnya memang terbuat dari emas murni sehingga ketahanan warnanya sama dengan emas pada umumnya.

Bagi Anda yang bertanya apakah emas 18kgp bisa luntur? Jawabannya tentu saja tidak. Apabila Anda tidak percaya, coba saja membeli satu perhiasannya. Tunggu hingga beberapa bulan dan lihat apakah warnanya luntur atau tidak.

Adanya ciri ini menjadikan beberapa orang memilih untuk membeli emas jenis 18kgp. Pasalnya, jika dilihat sekilas bentuknya hampir sama. Hanya saja harganya lebih murah emas 18kgp. 


Penutup

Informasi seputar 18kgp apakah emas asli tersebut sangat penting sekali bagi kaum hawa. Anda pun sekarang menjadi lebih jeli dalam membeli emas. Tak ada salahnya untuk memeli emas jenis 18kgp karena harganya murah dan kualitasnya hampir sama.

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain