Apakah Emas 18kgp Bisa Luntur? Ketahui Bahan Dasarnya dan Cara Merawatnya

Apakah emas 18kgp bisa luntur sering menjadi pertanyaan sebelum memutuskan untuk membeli jenis emas 18kgp.
Apakah Emas 18kgp Bisa Luntur

Apakah emas 18kgp bisa luntur sering menjadi pertanyaan sebelum memutuskan untuk membeli jenis emas 18kgp. Sebagian orang yang memiliki rencana untuk menggunakan perhiasan 18kgp seringkali merasa ragu apakah kilau perhiasan tersebut cepat pudar atau tidak.

Sebab perhiasan emas selalu menjadi simbol kemewahan dan keanggunan bagi banyak orang yang memakainya. Jadi perlu adanya pemilihan kualitas emas yang tepat sebelum membelinya.


Bahan Dasar Emas 18kgp

Apakah emas 18kgp bisa luntur sebenarnya tergantung dari jenis bahan dasar yang digunakannya. Adapun bahan dasar emas 18kgp adalah berupa logam paduan yang terdiri atas nikel, besi, perak, serta berbagai unsur lainnya. 

Serbuk logam paduan tersebut akan dicampurkan dengan bahan pengikat dan dicetak menjadi suatu bentuk sebagai bagian dari proses pembuatan perhiasan. 

Kemudian terdapat cat khusus yang juga diterapkan dalam proses pembuatannya, yaitu electroplating. Pada metode electroplating akan memberikan lapisan merata dan kuat pada lapisan perhiasan. 

18kgp mengacu pada karat kadar emas yang terkandung dalam perhiasan. Jadi, 18kgp mengandung bahan dasar 75% emas murni ditambah dengan logam paduan lain.

Sehingga bahan dasar yang digunakan dalam perhiasan 18kgp mampu menghasilkan perhiasan berkualitas tinggi dengan harga cukup terjangkau. Mengingat kandungan bahan dasarnya logam paduan, menjadikan 18kgp lebih tahan lama dan tahan gores dibanding perak atau perhiasan murni.

Tidak hanya menjawab pertanyaan tentang apakah emas 18kgp bisa luntur, keberadaan serat-serat logam paduan besi dan nikel akan menambah kekuatan dan stabilitas perhiasan. 

Memiliki sifat bahan yang awet dan kuat ini memungkinkan emas 18kgp bisa bertahan lebih lama dan bisa dicuci tanpa merusak warnanya.

Selain itu, bahan-bahan dasar 18kgp juga dipoles dengan perawatan dan perlakuan khusus agar tampak lebih mengkilap dan mewah.


Cara Merawat Emas 18kgp Agar Tidak Mudah Luntur

Meski emas 18kgp dibuat dengan bahan dasar yang berkualitas tinggi dan memiliki sifat awet, namun perhiasan ini juga membutuhkan cara perawatan yang benar agar tidak mudah luntur. 

Apakah emas 18kgp bisa luntur atau tidak sebenarnya juga dipengaruhi dari cara perawatannya. Agar warna emas 18kgp tidak mudah pudar, berikut cara merawat perhiasan 18kgp dengan benar:

1. Hindari Emas Terekspos Cuaca Secara Langsung

Dengan menjaga perhiasan 18kgp dari cuaca secara langsung juga akan mempengaruhi tingkat keawetan warna pada perhiasan. Adapun langkah untuk melakukannya yaitu:

Selalu lepas perhiasan 18kgp saat akan mandi. Karena paparan air tawar akan meninggalkan lapisan semacam kerak berwarna putih yang mampu memudarkan kilau pada emas tersebut.

Selalu lepas perhiasan 18kgp saat akan berenang. Entah di air tawar atau laut, akan menyebabkan permukaan perhiasan emas terkikis sehingga membuat kilaunya tidak menjadi indah dan malah tampak kusam.

2. Bersihkan dengan Kain Lembut

Cara selanjutnya awal untuk merawat perhiasan kode emas 18kgp adalah memastikan untuk mengelap perhiasan dengan kain berserat lembut. Dengan kain lembut ini perhiasan tidak akan kehilangan kilaunya.

Jika Anda membersihkannya dengan menggunakan jenis kain abrasive, maka akan cepat menghilangkan kilau 18kgp bahkan bisa membuatnya berubah warna. Untuk itu, pastikan selalu menggunakan kain lembut saat akan membersihkannya.

3. Jauhkan dari Bahan Kimia

Cara perawatan emas 18kgp selanjutnya adalah dengan menjauhkan perhiasan Anda dari paparan bahan kimia, seperti pelembab, parfum, dan hairspray. Hal ini dikarenakan setiap bahan kimia akan mencemari lapisan emas pada permukaan perhiasan.

Dengan pencemaran ini akan menimbulkan proses oksidasi dan akan menjadi perubahan warna pada material pelapis perhiasan. Sehingga cara paling aman adalah Anda harus melepaskan semua perhiasan berlapis emas 18kgp sebelum menggunakan berbagai bahan kimia.

Setelah selesai memakai bahan yang mengandung kimia tersebut, maka Anda bisa langsung menggunakannya kembali perhiasan emas 18kgp.

4. Simpan dengan Baik

Langkah terakhir untuk merawat perhiasan 18kgp agar tetap berkilau adalah dengan melakukan penyimpanan yang tepat. Dilansir dari berbagai sumber, para ahli sepakat untuk merekomendasikan cara penyimpanan emas yang tepat adalah dengan memasukkannya ke dalam kotak atau kantong.


Kelebihan Emas 18kgp

Seperti yang sudah diketahui bahwa emas 18kgp adalah perhiasan yang terdiri dari logam dasar, seperti tembaga atau perak yang dibalut dengan lapisan emas 18K. Perhiasan 18kgp menjadi cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia karena memiliki berbagai kelebihan, diantaranya:

1. Awet dan Tahan Lama

Jenis emas ini memiliki dua lapisan logam yang sangat kuat dan awet terhadap oksidasi dan korosi. Apakah emas 18kgp bisa luntur? tentu saja tidak, karena telah memiliki bahan dasar yang tidak pudar, maka akan menjadikan kilaunya mampu bertahan lama.

2. Harga Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan emas asli, harga jual emas 18kgp jauh lebih murah dengan kualitas yang cukup baik. Meski harganya yang murah, tetapi emas ini bukan tergolong emas palsu, karena 18kgp bisa dijual kembali.

3. Tidak Mudah Rusak dan Tergores

Selain tahan lama, emas 18kgp juga diklaim tidak mudah rusak. Karena perhiasan ini telah dilapisi dengan lapisan emas yang tahan terhadap goresan atau benturan kecil. Jadi, jenis emas 18kgp bisa menjadi opsi perhiasan yang cocok untuk dibeli karena awet dan tidak mudah rusak.

4. Memberikan Tampilan Eksklusif

Perhiasan 18kgp terlihat sangat mirip dengan emas asli serta memberikan tampilan eksklusif dan mewah. Jadi jika Anda menginginkan penampilan yang elegan tanpa mengeluarkan budget banyak, emas 18kgp bisa dijadikan sebagai solusi.

Nah, bagi Anda yang masih ragu ketika ingin membeli perhiasan emas 18kgp, penjelasan di atas mungkin sedikit membantu menjawab pertanyaan apakah emas 18kgp bisa luntur atau tidak.

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain