Cari Tahu, Cara Pengajuan Kredit UMKM BRI Online

Anda yang lagi ingin merintis atau ingin mengembangkan bisnis dan butuh tambahan modal, Anda bisa mengajukan kredit UMKM BRI online.
Cara Pengajuan Kredit UMKM BRI Online

Anda yang lagi ingin merintis atau ingin mengembangkan bisnis dan butuh tambahan modal, Anda bisa mengajukan kredit UMKM BRI online. Program ini sudah banyak membantu para pelaku bisnis mikro, kecil, hingga menengah. 

Sebelum mengajukan Anda tentunya perlu mengetahui terlebih dahulu persyaratan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana proses pengajuannya secara online. Informasi selengkapnya bisa langsung disimak di halaman ini.

Syarat Pengajuan Kredit UMKM BRI Online

Dana KUR BRI yang diperuntukkan bagi pelaku bisnis terbagi menjadi 3 jenis yaitu KUR Super Mikro, KUR Mikro, dan KUR Kecil dengan persyaratan umum sebagai berikut:

  • Mengajukan perorangan atau individu
  • Telah memiliki usaha atau bisnis yang beroperasi minimal 6 bulan
  • Usaha yang dilakukan memanfaatkan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain. Boleh juga usaha yang memanfaatkan ride hailing seperti Grab atau Gojek
  • Tidak sedang menerima kredit perbankan. Kecuali kredit konsumtif seperti KKB, Kartu Kredit, pinjaman pada perusahaan pendanaan berbasis teknologi, KPR.
  • Menyiapkan keperluan administrasi seperti KTP, KK, serta Surat Izin Usaha. Bisa juga surat keterangan dari platform e-commerce atau ride hailing.

Untuk pengajuan KUR BRI Super Mikro, BRI tidak menetapkan batasan minimal usaha yang berjalan. Tapi calon debitur perlu memenuhi salah satu persyaratan tambahan. 

Diantaranya, ikut pelatihan kewirausahaan, pendampingan, memiliki keluarga dengan usaha produktif, atau bergabung dengan kelompok usaha. 

Bagi calon debitur KUR Mikro wajib memiliki NPWP untuk pengajuan pinjaman di atas Rp. 50 Juta. 

Sedangkan syarat tambahan untuk calon debitur KUR Kecil haruslah mengikuti BPJS, memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SIUP), Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), dan surat keterangan usaha lainnya.

Setelah semua dokumen selesai Anda siapkan. Anda sudah bisa lanjut dengan melakukan permohonan kredit KUR secara online.


Cara Pengajuan Kredit UMKM BRI Online

Anda yang ingin memulai usaha atau bisnis dapat mengajukan permohonan bantuan dana kredit UMKM BRI berupa pinjaman KUR BRI secara online. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, kunjungi halaman kur.bri.co.id.
  2. Langkah selanjutnya, klik opsi Ajukan Pinjaman KUR
  3. Setelahnya Anda bisa langsung login menggunakan alamat email dan password yang sebelumnya sudah terdaftar. 
  4. Jika belum terdaftar, Anda bisa memilih opsi Daftar Sekarang dan lanjut memilih opsi Masuk dengan Google. 
  5. Tunggu notifikasi untuk melanjutkan ke proses verifikasi melalui email Anda. Setelah itu Anda bisa langsung login menggunakan akun Anda.
  6. Setelah berhasil login, akan muncul syarat dan ketentuan peminjaman yang harus Anda baca. 
  7. Jika sudah, Anda bisa klik pernyataan Saya adalah nasabah BRI kemudian lanjut memilih Setuju dan Ajukan Pinjaman.
  8. Selanjutnya beri tanda centang pada kotak disamping pernyataan yang bertuliskan I'm Not a Robot.
  9. Selanjutnya Anda akan diminta mengisi informasi mengenai data diri Anda secara lengkap beserta informasi mengenai usaha Anda dengan data yang benar.
  10. Lakukan pengunggahan dokumen administrasi seperti KTP, KK, surat izin usaha, foto, dan dokumen lainnya yang dipersyaratkan.
  11. Setelah dokumen berhasil diunggah klik Selanjutnya untuk masuk ke halaman untuk pengajuan pinjaman
  12. Isi data pengajuan pinjaman berupa besaran nominal pinjaman dan tenor.
  13. Untuk melihat jumlah angsuran yang nantinya harus dibayarkan, klik Hitung Angsuran
  14. Selanjutnya jika sudah sesuai Anda bisa klik Ajukan Pinjaman.
  15. Terakhir, tinggal menunggu konfirmasi persetujuan pengajuan pinjaman Anda.

Penting untuk Anda ketahui bahwa walaupun pengajuan kredit BRI bisa dilakukan secara online, akan ada tindak lanjut berupa survei lapangan atas usaha yang dijalankan. 

Dan jika disetujui, Anda akan diminta untuk datang ke kantor BRI untuk melakukan penandatanganan dokumen.

Jika pengajuan pinjaman Anda tidak disetujui setelah mendaftar online. Anda sebaiknya mendatangi unit kerja BRI terdekat untuk mendaftar secara offline melalui layanan customer service. 

Agar proses lebih cepat, Anda bisa menyiapkan segala dokumen yang dipersyaratkan sebelum datang ke bank BRI.


Penutup

Cara Pengajuan kredit UMKM BRI online di atas dapat menjadi panduan Anda untuk mempersiapkan dokumen persyaratan dan step by step cara daftar online nantinya. Sekarang kendala modal usaha sudah bisa teratasi lewat program dana KUR dari BRI.

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain