Yuk, Cari Tahu 4 Investasi Paling Aman Saat Resesi Ekonomi

Rekomendasi Investasi Paling Aman Saat Resesi bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin berinvestasi namun masih takut dengan berbagai kemungkinan.
Investasi adalah salah satu bentuk perencanaan ekonomi yang harus Anda sadari mulai saat ini. Berinvestasi adalah salah solusi untuk menambah penghasilan lho. Nah, ada 4 jenis investasi paling aman saat resesi ekonomi yang patut untuk Anda coba. 

Seiring dengan berkembangnya zaman, mulai banyak orang yang sadar dengan pentingnya investasi dan ingin memulainya. Bagi seorang pemula, tentunya beberapa rekomendasi jenis investasi ini mungkin akan membantu untuk menentukan perencanaan keuangan terbaik. 


4 Investasi Paling Aman Saat Resesi Ekonomi

Investasi Paling Aman Saat Resesi Ekonomi

Setiap orang harus berjaga-jaga dan bersiap untuk menghadapi segala kemungkinan, termasuk salah satunya saat resesi ekonomi. Fenomena resesi ekonomi merupakan keadaan dimana suatu negara sedang terjadi perlambatan dalam ekonomi mereka. 

Banyaknya karyawan yang di PHK, pengangguran meningkat, Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, dan lain-lain bisa jadi ciri-ciri terjadinya resesi ekonomi. Anda wajib tahu jenis investasi apa saja yang aman saat terjadinya resesi ekonomi. Yuk, simak rekomendasinya!

1. Emas

Tabungan emas adalah salah satu jenis investasi yang sudah digemari banyak masyarakat Indonesia. Kemudahan dalam berinvestasi emas menjadi salah satu alasan mengapa banyak masyarakat Indonesia yang menyukainya. 

Harga emas cenderung stabil setiap tahunnya, bahkan cenderung meningkat. Harga emas pun cenderung stabil meskipun terjadi resesi ekonomi pada suatu negara. Fakta itu membuat emas menjadi investasi yang mudah dan aman untuk Anda di berbagai situasi. 

Salah satu faktor menarik dari investasi ini adalah saat dolar turun, maka harga emas cenderung ikut naik lho. Selain itu, emas bisa Anda ubah menjadi berbagai bentuk perhiasan yang cantik, sehingga bisa digunakan di berbagai kesempatan. 


2. Properti

Jenis investasi paling aman saat resesi ekonomi untuk dipilih adalah properti. Anda mungkin sudah nggak asing dengan jenis investasi properti karena sudah cukup populer di Indonesia. 

Harga properti cenderung naik setiap tahunnya dikarenakan permintaannya yang juga meningkat. Properti adalah salah satu kebutuhan dasar bagi manusia, sehingga selalu dibutuhkan oleh banyak orang setiap tahunnya. 

Properti adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang yang tidak mengalami penyusutan. Harganya akan naik setiap tahun, apalagi saat lokasi dari properti yang Anda miliki terletak di lokasi yang sangat strategis, misalnya di tepi jalan raya. 

Selain menjualnya, Anda juga bisa mengelola properti yang dimiliki dengan cara disewakan untuk pihak ketiga. Penghasilan per bulan pun bisa Anda dapatkan jika menyewakannya ke pihak lain. 

3. Reksa dana

Reksa dana merupakan pilihan yang aman untuk para investor pemula. Pasalnya, melalui investasi reksa dana ini, Anda bisa berinvestasi dengan dibantu oleh manajer investasi yang telah kompeten di bidangnya. 

Adanya manajer investasi yang mengalokasikan dana Anda di berbagai jenis instrument keuangan meminimalisir resiko yang mungkin Anda hadapi. Apalagi dana itu dialokasikan ke berbagai instrument yang mencegahnya terkonsentrasi pada satu instrument saja. 

Investasi reksa dana ini juga mempunyai likuiditas yang cukup tinggi, sehingga investor dapat menjual unit reksa dana kapan saja. Hal itu membuat para investor bisa mengambil keuntungan dari kondisi pasar dalam situasi yang sedang baik-baik saja lho. 

Maka tak heran jika reksa dana termasuk ke dalam jenis investasi jangka panjang yang cukup aman untuk Anda pilih di berbagai situasi, termasuk saat sedang terjadi resesi ekonomi. 


4. Obligasi

Rekomendasi jenis investasi selanjutnya yang aman saat kemungkinan terjadi resesi ekonomi adalah obligasi. Nah, sebenarnya apa sih obligasi itu? Obligasi adalah jenis investasi bentuk surat utang jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. 

Jenis investasi ini memang cukup digemari oleh banyak pihak karena aman dan minim resiko. Hal itu membuat obligasi menjadi salah satu jenis investasi yang bisa menjadi pilihan di berbagai situasi, termasuk saat resesi ekonomi sekalipun. 

Secara umum, investasi obligasi cenderung dianggap aman karena telah terjamin oleh undang-undang mengenai pengembalian dana kepada para investor. Selain itu, kemampuan pemerintah dalam membayar dana para investor juga tidak perlu diragukan lagi. 

Penutup

Nah, itulah 4 jenis investasi paling aman saat resesi ekonomi. Rekomendasi di atas bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin berinvestasi namun masih takut dengan berbagai kemungkinan. Selamat berinvestasi untuk perencanaan keuangan yang lebih baik, ya!

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain