Rincian Biaya Sekolah Kedinasan Kemenhub Terbaru

Rincian secara lengkap daftar biaya sekolah kedinasan Kemenhub terbaru mulai dari proses pendaftaran, seleksi, dan diterima menjadi siswa tetap.
Biaya sekolah kedinasan Kemenhub setiap tahun berubah tergantung dari kebijakan terbaru dari pihak penyelenggara. Sebelum Anda mendaftarkan diri sebagai calon peserta sekolah kedinasan Kemenhub, sebaiknya cek dulu syarat-syarat dan biayanya.

Persyaratan dan biaya perlu diperhatikan untuk mendaftar ke sekolah kedinasan Kemenhub 2023 agar tidak mengalami kebingungan. Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengundang putra-putri terbaik Indonesia.

Undangan tersebut ditujukan untuk lulusan SLTA/Sederajat untuk mengikuti tes seleksi penerimaan calon taruna atau taruni di kedinasan Kemenhub.bagi Anda yang ingin mengikuti tes seleksi tersebut, sebaiknya ikuti penjelasan ini selengkapnya.

Tidak perlu khawatir, biaya sekolah kedinasan Kemenhub akan kami jelaskan dengan rinci nantinya. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti informasi lebih detail jika tertarik menjadi calon siswa kedinasan Kemenhub 2023.

Kemenhub memiliki 22 perguruan tinggi dengan 1.408 formasi terbuka lebar dalam menerima seleksi tahun 2023. Pahami biaya mendaftar sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan beserta persiapannya di bawah ini selengkapnya.


Daftar Biaya Sekolah Kedinasan Kemenhub

Berapa biaya untuk mendaftar seleksi penerimaan kedinasan Kemenhub 2023?

Seleksi penerimaan calon siswa sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan tahun 2023 berlangsung dalam beberapa tahap. Besaran biaya seleksi akan ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi dengan mengikuti peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Masih menjadi pertanyaan, lantas, berapa biaya untuk mendaftar seleksi penerimaan kedinasan Kemenhub 2023? Anda bisa mengikuti ulasan kami. Di bawah ini adalah biaya setiap tahap seleksi kedinasan Kemenhub.

1. Biaya Seleksi Tahap I

Biaya sekolah kedinasan Kemenhub tahap pertama berkisar antara Rp125.000 – Rp150.000. Biaya pendaftaran tersebut digunakan untuk mengikuti sebagai calon peserta seleksi tahap I sekolah kedinasan Kemenhub tahun 2023 secara resmi.

2. Biaya Seleksi Tahap II

Kemudian, terdapat seleksi tahap II yang merupakan seleksi kompetensi dasar (SKD). Setiap peserta dikenakan biaya Rp50.000 untuk mengikuti sesuai ketentuan PNBP SKD BKN dari pihak sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan.

3. Biaya Seleksi Tahap III

Apabila lolos dalam tes seleksi kompetensi dasar (SKD), peserta akan melanjutkan ke seleksi tahap III. Biaya seleksi tes kedinasan Kemenhub tahap III dibagi dalam dua kategori.

Adapun kategori dalam seleksi tahap II sebagai berikut:

  • Tes kesehatan berkisar antara Rp625.000 hingga Rp1.820.000
  • Tes kesamaptaan berkisar antara Rp70.000 hingga Rp320.000

4. Biaya Seleksi Tahap IV

Lolos seleksi tahap III, otomatis Anda masuk dan mengikuti biaya sekolah kedinasan Kemenhub seleksi tahap IV. Dalam seleksi tahap IV, terdapat dua kategori sub tes yang akan diuji kepada peserta.

Biaya kategori tes dalam seleksi sekolah kedinasan Kemenhub tahap IV antara lain:

  • Tes psikotes kisaran Rp300.000 – Rp600.000
  • Tes wawancara Rp80.000 – Rp350.000

Dengan mengikuti rincian biaya tersebut, maka Anda bisa mempersiapkan dana untuk mendaftar tes kedinasan Kemenhub mulai dari sekarang.


Tips Persiapan Calon Peserta Kedinasan Kemenhub

Biaya sekolah kedinasan Kemenhub telah kami jelaskan secara rinci di atas, selanjutnya perlu mempersiapkan diri untuk menjadi calon peserta. Anda harus melakukan persiapan agar mengikuti seleksi dan lolos dengan lancar.

Tanpa ada persiapan, tentunya calon peserta tidak bisa mengerahkan kemampuan secara maksimal saat mengikuti tes kedinasan Kemenhub. Apa saja tips persiapan calon peserta kedinasan Kemenhub? Simak penjelasan berikut ini.

1. Siapkan Dokumen Penting

Hal pertama yang perlu disiapkan sudah pasti adalah dokumen-dokumen penting sesuai keperluan. Siapkan dokumen pribadi seperti ijazah, KK, pas foto, fotokopi KTP, dan beberapa dokumen lain sesuai ketentuan instansi.

2. Belajar

Kemudian, siapkan diri dengan belajar semaksimal mungkin dan berfokus pada materi yang akan diujikan. Anda dapat belajar melalui internet atau buku, disarankan selalu berlatih mengerjakan soal-soal materi terkait.

3. Siapkan Mental

Jangan lupa siapkan mental supaya percaya diri dalam mengerjakan soal dan memiliki keyakinan untuk lolos seleksi. Namun, Anda juga perlu menghindari terlalu percaya diri karena bisa membuat pikiran tidak fokus.

4. Bawa Peralatan Tes

Selanjutnya, bawa peralatan tes mulai dari alat menulis, kartu peserta ujian, dan beberapa alat lain yang dibutuhkan. Pahami aturan selama tes kedinasan berlangsung supaya tidak melanggar tata tertib.

Beragam persiapan penting untuk dilakukan setiap calon peserta guna memperlancar proses kedinasan Kemenhub. Bagi Anda yang mempunyai mimpi masuk sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan, tentunya harus diwujudkan mulai dari sekarang.

Setelah melakukan persiapan matang dan mengetahui biaya masuk kedinasan Kemenhub, kini Anda jadi lebih mudah melewati serangkaian proses seleksi. Persiapkan biaya sekolah kedinasan Kemenhub terbaru sejak dini agar tidak kaget.

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain