Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan dan Syaratnya

Panduan lengkap cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan dan syarat-syaratnya yang perlu dipenuhi setiap pendaftar agar prosesnya lancar jaya.
Bagaimana cara mudah mendaftar BPJS Ketenagakerjaan?

Cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan dapat dilakukan secara online yang lebih praktis dan efisien. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan adalah penyedia program jaminan sosial bagi pegawai-pegawai di Indonesia.

BPJS Ketenagakerjaan mempunyai tugas utama untuk memberikan perlindungan secara sosial ekonomi terhadap para pekerja. Tentunya, para pekerja yang memiliki aktivitas sehari-hari di perusahaan harus terjamin oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan baik.

Bukan hanya seorang pekerja, namun ada freelancer, wirausahawan, pekerja part time, atau profesi lain berhak mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan. Namun, untuk mendapatkan hak jaminan sosial tersebut perlu mengurus dengan mandiri.

Anda yang masih bingung bagaimana cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan mulai sekarang tidak perlu cemas. Kami akan menjelaskan cara dan syarat mendaftarkan diri ke dalam BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah.

Ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi sebelum Anda menerima BPJS Ketenagakerjaan secara resmi. Simak cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online dengan cepat dan praktis sebagai berikut.


Syarat Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan

BPJS Ketenagakerjaan perusahaan merupakan jaminan sosial yang diterima oleh karyawan di perusahaan-perusahaan tertentu. Apabila Anda ingin mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan, tentu saja harus mengurus terlebih dahulu, inilah beberapa syarat wajib dipenuhi.

  1. NPWP perusahaan
  2. KTP tenaga kerja
  3. Formulir laporan rinci iuran pekerja
  4. Formulir pendaftaran pemberi kerja atau badan usaha
  5. Formulir pendaftaran atau perubahan data bekerja
  6. KTP pemilik perusahaan
  7. Surat izin usaha perdagangan atau surat izin tempat usaha atau NIB

Dengan memahami syarat cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan tersebut, tentu saja sangat mudah disiapkan terlebih dahulu. Di sisi lain, ada perbedaan syarat BPJS Ketenagakerjaan untuk bukan penerima upah (BPU).

Bagi BPU, syarat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan hanya membutuhkan KTP, NIK, dan email pribadi. Setelah memahami syarat mendaftar, kini saatnya masuk ke tahap cara mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan perusahaan dengan benar.

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan

Bagaimana cara mudah mendaftar BPJS Ketenagakerjaan? Berikut ada beberapa cara mudah yang bisa Anda aplikasikan: 

1. Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk PU secara online:

Langkah paling awal, Anda harus membuka portal www.pom.bpjsketenagakerjaan.go.id/pu untuk mendaftar. 

Anda dapat mengisi data sebagai PK atau BU, yaitu pemberi kerja maupun badan usaha.

Setelah itu, isi data tenaga kerja sesuai keinginan yang akan Anda daftarkan. Pastikan mengisi data dengan tepat. 

Lalu lakukan pembayaran langsung setelah memperoleh kode transaksi via email.

Cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan secara online membuat peserta langsung memperoleh kartu digital lewat email. Bagi pekerja yang ingin mengambil kartu BPJS Ketenagakerjaan bisa langsung datang ke kantor cabang terdekat.

2. Panduan Daftar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan melalui kantor cabang:

Anda dapat mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dan langsung mengisi formulir pendaftaran. Pastikan membawa dokumen pendaftaran sesuai kebutuhan agar tidak menghambat proses daftar dari awal sampai akhir.

Berikutnya, cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan adalah mengambil nomor antrian untuk mendaftar. Tunggu sejenak sampai ada panggilan untuk maju sesuai antrian guna mengurus BPJS Ketenagakerjaan perusahaan dengan manual.

Pendaftar BPJS Ketenagakerjaan akan memperoleh dokumen pendaftaran dan jumlah iuran yang perlu dibayar. Tanpa menunggu lama, selesaikan pembayaran iuran sesuai dengan jumlah nominal yang dibutuhkan.

Tidak perlu waktu lama, pendaftar menerima sertifikat sebagai peserta dengan durasi 1-7 hari. Dengan cara ini, maka BPJS Ketenagakerjaan bisa diperoleh langsung secara mudah dan cepat.


Fungsi Memiliki BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan

Bagi karyawan di perusahaan, tentunya akan memperoleh banyak manfaat ketika sudah memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Mengingat ada beberapa fungsi menarik BPJS Ketenagakerjaan perusahaan bagi karyawan, pekerja, wirausahawan, hingga profesi lainnya.

BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan pinjaman untuk pemilik bisa merenovasi rumah. Selain itu, Anda juga akan memperoleh beasiswa pendidikan ketika bekerja di perusahaan tertentu, sehingga bisa belajar lebih hemat.

Tidak hanya itu, terdapat program-program pelatihan yang diberikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, peserta BPJS Ketenagakerjaan berhak mengajukan kredit kepemilikan rumah secara KPR dengan sah di mata hukum.

Terakhir, manfaat punya BPJS Ketenagakerjaan bagi karyawan adalah terbebas dari layanan jasa konsultasi. Anda bisa berkonsultasi dengan bebas mengenai jaminan sosial ekonomi sesuai kebutuhan masing-masing.

Tunggu apalagi, perhatikan syarat dan lakukan pendaftaran untuk memperoleh BPJS Ketenagakerjaan mulai sejak dini. Banyak manfaat setelah paham cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan yaitu bikin prosesnya semakin praktis dan lancar.

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain