Syarat Dan Proses Pinjaman Bank Muamalat Jaminan Sertifikat Rumah

Berikut Syarat Dan Proses Pinjaman Bank Muamalat Jaminan Sertifikat Rumah yang perlu kamu ketahui.
Pinjaman Bank Muamalat Jaminan Sertifikat Rumah

Melakukan pinjaman uang ke bank sudah menjadi hal yang wajar di kalangan masyarakat. Bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman bank muamalat jaminan sertifikat rumah semakin dipermudah dengan adanya teknologi.

Mempersiapkan persyaratan merupakan langkah awal yang harus ditempuh sebelum melakukan pinjaman. Nyatanya persyaratan yang dibutuhkan pun tidak terlalu sulit sehingga bisa Anda penuhi dengan mudah. 

Sejarah Singkat Bank Muamalat

Bank Muamalat adalah bank umum pertama di Indonesia yang berlandaskan syariah. Berdirinya bank ini sudah sejak tahun 1991 sehingga pengalamannya tidak perlu diragukan lagi. Perlu diketahui bahwa bank ini murni berdiri sendiri tanpa menginduk bank lain.

Pemrakarsa utama dari Bank Muamalat adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dibantu oleh Pemerintah Indonesia. Segala bentuk transaksi yang ada di bank ini sudah berdasarkan dengan syariat islam sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.

Melakukan peminjaman uang di Bank Muamalat juga sangat direkomendasikan karena prosesnya yang mudah dan cepat. Bahkan ada pula yang sudah sering melakukan pinjaman bank muamalat jaminan sertifikat rumah.

Syarat Pinjaman Bank Dengan Sertifikat Rumah

Melakukan pinjaman bank dengan menggadaikan sertifikat rumah memang wajar saja karena memiliki kebutuhan yang mendesak. Sebelum mengajukan pinjaman, alangkah baiknya untuk mengetahui syarat pinjaman bank muamalat terlebih dahulu seperti berikut:

  1. Mengisi formulir pengajuan. Formulir ini disediakan oleh pihak bank sehingga harus mengisinya di bank terdekat.
  2. Menyediakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  5. Fotokopi buku nikah dari kedua mempelai, baik laki-laki maupun perempuan
  6. Fotokopi slip gaji. Kegunaan slip gaji ini adalah mengetahui besaran gaji yang diterima oleh nasabah sehingga pihak bank dapat menilai kesanggupan pembayaran cicilannya.
  7. Fotokopi rekening Bank Muamalat yang dimiliki
  8. Fotokopi sertifikat rumah. Pastikan sertifikat tersebut asli agar tidak ada masalah kedepannya.

Proses Pengajuan Pinjaman Bank Muamalat

Setelah mengetahui apa syarat yang diperlukan ketika melakukan pinjaman bank muamalat pribadi, Anda juga perlu mengetahui prosesnya. Tujuannya agar Anda tidak bingung ketika sudah berada di bank.

  • Mulanya Anda harus datang ke Bank Muamalat terlebih dahulu dengan membawa persyaratan di atas.
  • Kemudian, menyerahkan semua dokumen yang telah dibawa kepada pihak bank .
  • Proses pinjaman bank muamalat jaminan sertifikat rumah berikutnya yaitu pihak bank akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Tujuan untuk mengetahui keaslian dokumen yang dibawa.
  • Selanjutnya akan ada analisis kelayakan kredit yang disesuaikan dengan pendapatan yang Anda miliki. Apabila dirasa mampu, maka tahap ini bisa lolos dengan mudah.
  • Pihak Bank Muamalat juga akan melakukan analisis agunan dan nilai kreditnya. Dalam hal ini adalah sertifikat rumah dan besar uang yang akan dipinjam.
  • Apabila semua telah memenuhi kriteria pihak bank, maka peminjaman akan disetujui dan diproses lebih lanjut.
  • Nasabah hanya perlu menunggu waktu untuk dihubungi oleh pihak bank saja. 
  • Setelah dihubungi, Anda akan diminta untuk datang ke bank guna memperoleh pencairan dana pinjaman tersebut.
  • Terakhir, silahkan cicil pinjaman tersebut setiap bulannya sesuai dengan jumlah yang telah disepakati. Apabila cicilan aman sampai akhir, maka jaminan sertifikat rumah akan dikembalikan lagi.

Keuntungan Menggunakan Bank Muamalat

Anda akan diberikan banyak keuntungan jika melakukan pinjaman di bank ini. Baik pinjaman bank muamalat jaminan sertifikat rumah ataupun lainnya akan mendapatkan keuntungan yang sama. Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan:

1. Bebas Riba

Riba merupakan sesuatu yang ditentang dalam agama islam. Banyak sekali praktek riba yang sering ditemukan di masyarakat, terutama terkait pinjaman. Tentu saja sebagai umat muslim sudah seharusnya menjauhi praktek riba.

Apabila Anda melakukan pinjaman di Bank Muamalat, maka sudah dapat dipastikan bahwa pinjaman tersebut bebas dari riba. Perlu diketahui bahwa riba merupakan tambahan nilai yang ditagihkan kepada peminjam selain uang yang dipinjamnya.

Jelas bahwa adanya riba akan merugikan orang yang meminjam uang dan menguntungkan pihak yang meminjamkan uang. Di dalam Bank Muamalat tidak ada yang namanya riba atau bunga, melainkan adanya adalah nisbah.

2. Sistem Transparan

Seseorang yang melakukan pinjaman dengan menggunakan sertifikat sertifikat tanah atau lainnya akan diberikan sistem yang transparan. Tujuannya agar setiap orang bisa melihat sistemnya dengan jelas tanpa ada yang disembunyikan.

Dengan begitu masyarakat dapat menilai sendiri sistema yang diterapkan oleh bank ini. Apabila sistemnya bagus, maka akan semakin banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan Bank Muamalat.

3. Menerapkan Sistem Bagi Hasil

Setiap bank konvensional biasanya menerapkan sistem bunga yang nilainya tetap. Nah, Bank Muamalat ini memiliki sistem lain yang sudah diterapkan yaitu sistem bagi hasil. Nantinya keuntungan perusahaan dapat dibagikan secara merata kepada nasabahnya.

Keuntungan bagi hasil yang diberikan berdasarkan pada keuntungan perusahaan yang diperoleh pada waktu tersebut. Semakin banyak keuntungan perusahaannya, maka akan semakin besar pula nilai bagi hasilnya. 

4. Keamanan Terjamin

Bagi Anda yang melakukan pinjaman dengan jaminan rumah, tak perlu khawatir karena sertifikatnya aman di bank ini. hal tersebut disebabkan Bank Muamalat telah dijamin langsung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Selain itu Otoritas jasa Keuangan (OJK) serta Dewan Pengawas Syariah (DPS) juga turut serta melakukan pengawasan. Anda selaku nasabah Bank Muamalat pun tidak perlu khawatir lagi.

Penutup

Melakukan pinjaman bank muamalat jaminan sertifikat rumah menjadi hal yang menyenangkan setelah menyimak informasi tersebut. Pastikan Anda mampu membayar cicilan nya setelah mendapatkan pinjaman tersebut. 

Posting Komentar

© olahdoku. All rights reserved. Developed by Jago Desain